Minggu, 28 September 2014

ANALISA KINEMATIK SPATIAL UNTUK RACK AND PINION PADA KENDARAAN MULTIGUNA PEDESAAN (GEA)

resume digilib ITS

ANALYSIS OF SPATIAL KINEMATIC FOR RACK AND PINION ON RURAL MULTI PURPOSE VEHICLE (GEA)

Created by :
MANALU, MICHAEL P.O.F.  ( 2108100037 )



SubjectMobil
Model permesinan
Alt. Subject Machinery
kinematics of Automobile driving--steering
KeywordAckerman
Rack and pinion
Steering arm
Steering Linkage
Tie rod

Description:
Sistem steering merupakan salah satu hal yang penting pada kendaraan saat berbelok. Sistem kemudi merupakan sistem yang berfungsi mengatur arah mobil untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Dalam hal ini sistem kemudi harus dapat membelokkan roda sehingga titik putar semua roda dapat berada pada satu titik. Hal ini sangat penting untuk meminimalkan besarnya steering error pada saat melakukan gerak belok. Adapun acuan yang harus dimiliki sebuah kendaraan adalah yang memenuhi prinsip gerak belok ideal ackerman. Dalam hal ini kondisi gerak belok ideal ackerman sangat sulit tercapai pada saat kendaraan berbelok kiri maupun kanan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendekati gerak belok ideal adalah dengan melakukan analisa kinematik tiap link steering Pada tugas akhir ini dilakukan analisa secara kinematis spatial untuk sistem kemudi rack and pinion pada mobil. Dari analisa kinematis ini didapatkan besarnya steering error yang terjadi pada sistem kemudi. Steering error itu sendiri bisa didapatkan pada penempatan rack and pinion, panjang tie rod serta besarnya sudut steering arm yang terbentuk. Dengan mengabaikan besarnya sudut kingpin dan pengaruh suspensi maka sistem kemudi ini dimodelkan dalam bentuk analisa spatial untuk mendapatkan hasil dan data yang lebih baik dari perhitungan sebelumnya yang menggunakan kinematis planar. Sebagai tambahan dalam analisa ini juga dapat membantu untuk meredesain chasis dan kabin pada kendaraan multiguna pedesaan ini. Perhitungan dari analisa kinematis spatial ini mendapatkan nilai dari steering error minimum akibat dari variasi penempatan rack, perubahan sudut steering arm serta pengaruh camber 10 dan caster pada roda kemudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar